Posted by Ricky Posted on Thursday, March 19, 2015 | No comments

Part 1. Perkembangan E-Commerce: Peluang dan Permasalahan

1.       Electronic Commerce
a)      Pelaksanaan commerce secara elektronik
i)             Masa depan elektronik menurut Michael Dertouzos (“What Will Be”): information marketplace
b)      Media elektronik memungkinkan hal-hal / kebiasaan / aplikasi baru
i)             Dengan adanya email, orang lebih sering menulis surat (elektronik)

2.       E-Commerce
a)      Automation
Otomasi bisnis proses sebagai pengganti proses manual (konsep “enterprise resource planning”)
b)      Streamlining / Integration
Proses yang terintegrasi untuk mencapai hasil  yang efisien dan efektif (konsep “just in time”)
c)      Publishing
Kemudahan berkomunikasi dan berpromosi untuk produk dan jasa yang diperdagangkan (konsep “electronic cataloging”)
d)     Interaction
Pertukaran informasi/data antar pelaku bisnis dengan meminimalisasikan human error  (konsep “electronic data interchange”)
e)      Transaction
Kesepakatan dua pelaku bisnis untuk ber-transaksi dengan melibatkan institusi lain sebagai fungsi pembayar (konsep “electronic payment”)

3.       Mengapa E-Commerce
a)      Revenue stream baru
b)      Market exposure, melebarkan jangkauan
c)      Menurunkan biaya
d)     Memperpendek waktu product cycle
e)      Meningkatkan customer loyality
f)       Meningkatkan value chain

4.       Jenis E-Commerce
a)      Business to business (B2B)
i)             Antra perusahaan, data berulang, EDI
b)      Business to consumer (B2C)
i)             Retail, pelanggan yang bervariasi
ii)           Konsep Portal
c)      Consumer to consumer (C2C)
i)             Lelang (auction)

5.       Servis yang harus tersedia
a)      Infrastruktur jaringan
b)      Diretory services
i)             LDAP, DNS
c)      Infrastruktur kunci publik
i)             Certification Authority (CA)
ii)           Secure IP, Secure email (PGP, PEM, S/MIME), SSL, SSH, VPN
d)     Electronic payment

6.       Perkembangan – Trend
a)      Commerce yang berbasis electronic meningkat. Banyak statistik yang menunjukkan hal ini.
b)      Tidak dapat distop!
c)      IT mendominasi bursa saham: top 10 companies di dunia hanya dua jenis; IT dan minyak

7.       TOP 10: Global 1000
1. Microsoft                          US$ 407,22 milyar (billion)
2. General Electric                        333,05
3. IBM                                         214,81
4. Exxon                                      193,92
5. Royal Dutch/Shell Group          191,32
6. Wal-Mart Stores                      189,55
7. AT&T                                     186,14
8. Intel                                         180,24
9. Cisco Systems                         174,09
10. BP Amoco                            173,87



8.       Masih TOP 1000
20.   America Online                     $129,07
38.   Nokia                                    $87,20
39.   Daimlerchrysler                     $86,87
91.   Sun Microsystems                 $46,08
93.   General Motors                     $44,82
105. Boeing                                   $39,35
148. Yahoo!                                  $29,45
220. Ebay.com                              $21,40
254. Amazon.com                         $18,91
306. Priceline.com                         $16,09
944. Lycos                                    $3,34



9.       Top 200 Emerging-Market Companies
63.   Telekomunikasi Indonesia       US$ 4479 millions
77.   Gudang Garam                                812
145. Indah Kiat Pulp & Paper                  2454
167. Indosat                                              2122
188. Indofood Sukses Makmur                1871

*) Yahoo! (dibentuk oleh 2 orang) bernilai US$29,45 billion = 7 kali PT Telkom

10.  Contoh Aplikasi Commerce Baru
a)      Transaksi melalui komputer, handphone, palm pilot (PDA)
i)             Buku: Amazon.com, Barnes & Noble
ii)           Lelang: eBay
iii)         Stock: E*Trade (stock trading)
iv)         Restaurant/hotel reservation: Priceline.com

11.  Potensi Indonesia
a)      Mengembangkan aplikasi, servis, content lokal dan global
b)      Mengembangkan komunitas digital
c)      Supply SDM

12.  Permasalahan E-Commerce
a)      Keamanan (security), fraud
b)      Banyaknya standar
c)      Regulasi / hukum
i)             Bagaimana status dari digital signature, penggunaan teknologi kriptografi, cyber money, aplikasi gambling, pornografi, HaKI?
d)     Kesiapan institusi keuangan, bank, e-payment

13.  Peran Pemerintah
a)      Standarisasi
b)      [de]Regulasi, guidelines
c)      Membangun dan mengelola infrastruktur
d)     Insentif
e)      Inisiatif

Tambahan, BACA JUGA Offline Marketing Techniques
Categories: ,

0 komentar:

Post a Comment