Posted by Ricky Posted on Thursday, March 19, 2015 | No comments

Lanjutan: E-Commerce dan Internet Ekonomi

1.         Perencanaan Infrastruktur
a)      Rancangan Arsitektur Fisik (infrastruktur)
i)             Memperhatikan aspek Jaminan Tingkat Layanan (Service Level Agreement)
(1)   Availability
(2)   Scalability & Capacity
(3)   Security
ii)           Memperhatikan aspek Pengembangan Lanjut
(1)   Modularity, Flexibility, Adaptiveness


2.         Contoh Pengembangan Arsitektur
a)      Target: Electronic Bill Presentment & Payment (EBPP) - Layanan tagihan dan pembayaran tagihan online
i)             Analisa trend pasar dan trend teknologi
ii)           Pengembangan model bisnis: tujuan dan strategi
iii)         Identifikasi proses-proses bisnis
iv)         Pengembangan arsitektur konsepsual
v)           Identifikasi komponen-komponen aplikasi

3.         Studi Banding: e-Banking
a)      e-Banking sebagai model acuan untuk mengembangkan model bisnis EBPP
b)      Business Objective: Menyediakan layanan praktis, efisien dan dimana-saja bagi nasabah
i)             Cek saldo 24jam/7hari
ii)           Transfer uang ke account lain
iii)         Pembayaran tagihan listrik, telepon, & PAM
iv)         Pembayaran tagihan kartu kredit
v)           Isi ulang kartu ponsel prabayar

4.         Kelayakan Bisnis
a)      Potensi Pasar:
i)             Skala bisnis didukung popularitas Internet
ii)           Teknologi (user interface, keamanan, dsb) yang telah memadai
iii)         Literasi komputer masyarakat yang meningkat
iv)         Infrastruktur relatif murah (TCP/IP, modem, dan Web browser)
v)           Trend pertumbuhan jumlah pengguna ... ?

5.         Standar Protokol e-Banking
a)      Open Financial Exchange® (OFX)
i)             Ditujukan untuk transaksi antara Nasbah dan Bank
ii)           Gabungan (1997) dari standard Microsoft (Open Financal Connectivity®) dan standard Intuit – CheckFree (Open Exchange®)
iii)         Dibangun diatas open standards:
(1)   SSL untuk keamanan antara Client dengan Server
(2)   Transport layer dengan TCP/IP: diatas HTTP atau protokol sesi yang lain
(3)   Format data dengan SGML (dan XML)
b)      OFX
i)             Fasilitas Layanan:
(1)   Download laporan saldo bulanan (Bank Statement)
(2)   Download tagihan kartu kredit
(3)   Transfer uang
(4)   Pembayaran oleh perorangan atau perusahaan
ii)           Pengamanan:
(1)   Server institusi finansial harus bersertifikat (diterbitkan oleh Agen Sertifikasi dibawah pengawasan OFX)
(2)   Client harus percaya kepada server yang bersertifikat

6.         Open Financial Exchange


7.         Secure Electronic Transaction
a)      SET adalah standar protokol transaksi pembayaran dengan kartu kredit yang diciptakan oleh Visa® dan MasterCard®
b)      Pihak-pihak yang terlibat memiliki sertifikat dari CA
c)      Otentikasi identitas pembayar
d)     Otentikasi identitas penagih
e)      Verifikasi data kartu kredit dan otorisasi perintah pembayaran (PI)

8.         Model Bisnis EBPB
a)      Value dari perspektif penagih (biller):
i)             Penghematan biaya cetak & kirim tagihan*
ii)           Mengurangi frekuensi keterlambatan pembayaran dengan pemberitahuan yang tepat waktu dan kemudahan membayar
iii)         Meningkatkan kualitas dan efisiensi layanan bagi konsumen
*Atas permintaan pihak tertagih (pembayar)
b)      Value dari perspektif pembayar:
i)             Praktis, aman dan nyaman bagi pembayar, kapan saja dan dari mana saja tanpa harus antri
ii)           Jadwal pembayaran (kapan dan berapa) terkontrol oleh pembayar
iii)         Status tagihan & pembayaran mudah diketahui
iv)         Mudah meng-audit tagihan & pembayaran untuk penyelesaian kesalahan/ketidak-sesuaian
c)      Tujuan bisnis dari perspektif EBPP Provider:
i)             Pendapatan dari kontrak dengan penagih (biller)
ii)           Pendapatan dari penyediaan iklan online yang dapat dipersonalisasi
iii)         Pendapatan dari biaya registrasi pembayar, atau
iv)         Pendapatan dari biaya transaksi pembayaran
d)     Jangan lupa …
i)             Is the market real?
ii)           Can we compete with other services?

9.         Critical Success Factors
a)      Tujuan bisnis dan faktor-faktor kunci keber-hasilan


10.     Kebutuhan Fungsional EBPP
a)      Faktor kunci keber-hasilan dan proses bisnis


11.     Arsitektur Konseptual
a)      Gambaran umum proses-proses bisnis ditunjukkan dengan model arsitektur konseptual
i)             Menunjukkan aktor-aktor dan proses-proses utama (kunci) serta aliran informasi dalam proses-proses tersebut
b)      Dapat menggunakan diagram-diagram:
i)             Context Diagram (DFD)
ii)           Activity Diagram (Swim Lanes)

12.     Arsitektur Konseptual EBPP
a)      Proses-proses kunci:
i)             Rantai penciptaan nilai tambah (value chain) utama bagi konsumen; seringkali merupakan rangkaian beberapa proses bisnis




*) Source: Roman Markowski, Computer Architecture for e-Commerce

13.     Estimasi Infrastruktur EBPP
a)      Proses-proses bisnis dan komponen-komponen infrastruk-tur utama


14.     Komponen Aplikasi EBPP
a)      Komponen-komponen fungsional yang mengeksekusi proses-proses bisnis EBPP:
i)             Administrasi dan pendaftaran pembayar
(1)   User id, password, data pribadi, metoda pembayaran, nomor-nomor rekening bank, dsb.
ii)           Administrasi dan pendaftaran penagih
(1)   Jenis pembayaran yang diterima, ketentuan, dsb.
iii)         Administrasi dan pendaftaran pengiklan
iv)         Otentikasi pengguna dan logging aktivitas
v)           Presentasi dan personalisasi online session
b)      Komponen-komponen Fungsional EBPP:
i)             Pengumpulan data tagihan dan penyusunan tagihan
ii)           Distribusi dan notifikasi (email/SMS) tagihan
(1)   Tagihan baru, batas waktu pembayaran terlewati, laporan masalah, status lunas, ringkasan, dsb.
iii)         Manajemen pembayaran tagihan
(1)   Penjadwalan, otorisasi pembayaran, dsb.
iv)         Transaksi pembayaran dan transfer dana
c)      Komponen-komponen fungsional kemudian dipetakan ke komponen-komponen aplikasi
i)             Struktur komponen aplikasi sering disesuaikan dengan pola-pola arsitektur aplikasi yang tersedia

(1)   Paket-paket commercial off-the-shelf (COTS)

Tambahan, BACA JUGA Part 3 - Pengembangan Aplikasi E-Commerce
Categories: ,

0 komentar:

Post a Comment