Posted by Ricky Posted on Sunday, March 08, 2015 | No comments

CONTOH BUSINESS PLAN (MeMagz)

 ME! Magz
Multimedia Experience
Creative Design
Business Plan

  

MeMagz, Jln Sarijadi, Bandung
Telp & faks 022 - 66778899


DAFTAR ISI



Lynx magazine adalah sebuah majalah digital melalui media internet. Laman Lynx magz berisikan artikel-artikel informasi aktual mengenai kesehatan, lifestyle, dan seksologi. Lynx magz diperuntukkan bagi pria dan wanita dewasa atau yang berusia 20 tahun ke atas.

Tujuan

-       Memperoleh laba semaksimal mungkin dengan seminimal mungkin biaya yang dikeluarkan
-       Mempunyai banyak pelanggan tetap yang loyal dan aktif berkomunikasi di forum yang kami sediakan
-       Meraih pangsa pasar yang cukup dominan di Indonesia
-       Go International, dengan membuat majalah digital berbagai bahasa international, dan berbagai macam situs website berbagai negara

Visi & Misi

Masih rendahnya tingkat pengetahuan masyarakat terhadap pentingnya kesehatan alasan kami membuat majalah digital ini. Misi kami adalah menambah wawasan masyarakat Indonesia khususnya terhadap informasi kesehatan, lifestyle, dan seks agar mereka dapat terus berkembang dan terus mampu bersaing di zaman teknologi seperti sekarang ini. Kemudian kami juga ingin mempunyai komunitas atau forum yang aktif dan loyal terhadap majalah kami.

Perusahaan

Lynx magazine adalah sebuah majalah digital melalui media internet. Laman Lynx berisikan artikel-artikel informasi aktual mengenai kesehatan, lifestyle, dan seksologi. Selain berupa artikel gratis kami juga menyediakan e-book untuk pembaca yang berlangganan. Isi dari e-book tentunya lebih menarik, lebih lengkap dari artikel harian yang kami sediakan. Bagi pembaca yang ingin berlangganan cukup mentransfer sejumlah uang setiap bulannya. Kemudian pelanggan akan mendapatkan e-book gratis setiap minggunya. Untuk saat ini kami hanya menyediakan laman berbahasa Indonesia karena diperuntukkan untuk masyarakat Indonesia.


Kepemilikan Perusahaan

Lynx magazine didirikan, dan dikelola secara partnership, yang terdiri dari 3 orang sebagai management team. Adapun kepemilikan Lynx magz saat ini masih belum go public, permodalan masih dikelola secara perseorangan.

Sejarah Perusahaan

Multimedia Experience Creative Design didirikan pada 17 Agustus 2011 oleh 3 orang sebagai partnership. Tujuan awal kami mendirikan perusahaan ini adalah meningkatkan wawasan masyarakat Indonesia khususnya terhadap kesehatan, gaya hidup, dan seks. Kami menilai majalah digital yang memberikan informasi kesehatan, gaya hidup, dan seks masih relatif kurang di Indonesia sehingga kami yakin akan mampu bersaing dan berkembang di pasar ini.

Lokasi dan Fasilitas Perusahaan

Lokasi kantor pusat ME! Magz ada di jalan Sarijadi, Bandung, Jawa Barat. Di kantor pusat ini terdapat aktifitas seperti pengelolaan website, pengelolaan arus transaksi keuangan, dsb. Kemudian terdapat kantor cabang di wilayah Bambu apus, Jakarta Timur. Di kantor cabang ini terdapat aktifitas seperti pencarian informasi dan pembuatan artikel dari berbagai sumber, kemudian pengeditan untuk kemudian dikirim ke kantor pusat untuk diproses ke website.

Produk/Jasa

Paragraf ini merupakan ringkasan barang dan jasa yang ditawarkan. Ringkasan kita harus point-point-nya saja. dan menjelaskan barang dan jasa kita. Jelaskan bagaimana barang/jasa saling melengkapi satu sama lain atau dijual bersamaan, jika ada.

Deskripsi Barang dan Jasa

Buat List barang dan jasa secara individual dan jelaskan bagaimana barang/jasa tersebut bermanfaat untuk pelanggan.

Barang/Jasa 1 
Barang/Jasa 2
Barang/Jasa 3

Karakteristik dan Perbandingan Kompetitif Barang/Jasa

Jelaskan karakteristik bersaing utama dari barang/jasa kita. Mengapa orang-orang membeli barang/jasa kita dibandingkan yang lain? Apakah kita menawarkan yang lebih baik untuk karakteristik, harga,kualitas, atau pelayanannya? Jelaskan sifat penjualan yang khas yang memberikan daya saing.

Layanan Konsumen/Tindak Lanjut Layanan

Jelaskan bagaimana kita menawarkan pelayanan terhadap barang/jasa yang kita jual Jika perusahaan kita hanya menawarkan jasa, rubahlah judul diatas dengan tindak lanjut layanannya dan jelaskan bagaimana kita menyediakan dukungan terhadap pelanggan. Jga masukkan jam operasi atau kebijakan garansi.


Analisis Pasar

Analisis Industri

Informasi yang kita sediakan disini akan menentukan bagian peramalan pasar nanti. Identifikasi dan jelaskan segmen pasar yang mempengaruhi bisnis kita. Gunakan sumber informasi standar untuk membuat evaluasi terhadap trend pasar saat ini yang mempengaruhi rencana pemasaran kita.

Peramalan Pasar/ Pasar Sasaran

Diskusikan posisi perusahaan kita dikaitkan dengan perusahaan lain dalam relung pasar. Garis bawahi unsure kunci, termasuk ukuran pasar dan proyeksi pertumbuhan pasar kita.

Kunci untuk Sukses

Identifikasi keunikan atau nilai jual utama yang dibutuhkan untuk sukses di pasar.. Faktor kunci tersebut, misalnya kualitas, harga, atau seleksi akan menentukan kesuksesan bisnis kita.  Isilah setiap kotak dibawah dengan satu factor bersaing, dan jelaskan bagaimana nilai jual berkaitan dengan sasaran pelanggan tertentu.

Kualitas Bersaing 1


Kualitas Bersaing 2


Kualitas Bersaing 3


Strategi Bisnis dan Implementasi


Sebutkan strategi umum perusahaan dan jelaskan bagaimana kita akan mengimplementasikannya dalam program bisnis yang efektif.Tentukan apakah strategi kita didasarkan teknologi baru, barang baru, atau sifat produk baru; atau apakah kita memfokuskan pada pemasaran, distribusi, dan pelayanan yang lebih baik. (Sajikan hanya satu strategi bisnis)

Periklanan

Jelaskan bagaimana kita merencanakan periklanan atau memasarkan bisnis kita. Termasuk berbagai brosur, iklan cetak, iklan radio, atau strategi lain yang direncanakan dilaksanakan.

Strategi Pemasaran

Pada saat menjelaskan strategi, lebih menekankan pada bagaimana membuata perusahaan kita lebih spesial atau khas. Misalnya, strategi pemasaran kita akan memfokuskan pada segmen pasar tertentu. Atau, mengkhusukan pada saluran khusus dalam mendistibusikan produk,; pada produk baru yang merupakan solusi baru dalam mengatasi masalah yang ada; atau pada cara baru dalam mempromosikan barang/jasa. Apa yang akan perusahaan kerjakan supaya lebih baik dibandingkan perusahaan lain? Bagaimana kita menggunakan periklanan untuk memasarkan produk ke konsumen?

Rencana Penjualan

Jelaskan bagimana kita menjual produk kita.  Sebagai contoh,  apakah kita akan menjual secara eceran, partai besar, melalui internet, pesanan melalui surat, atau telpon? Akankah kita menggunakan tenaga penjualan? Bagaimana tenaga penjualan dilatih dan bagaimana mereka diberi kompensasi?

Aliansi Strategis

Jelaskan bagaimana perusahaan kita menangani pemasaran bersama, pengembangan bersama, komisi, dan perjanjian kerjasama. Dapatkan kita mengkaitkan promosi kita atau strategu distribusi  dengan perusahaan lain yang akan meningkatkan posisi perusahaan kita? 

Organisasi

Sebagai pendiri perusahaan, kami juga bekerja sebagai tim manajemen. Kami akan mempekerjakan sekitar 25 orang reporter yang bertugas meliput dan membuat berita dan artikel. Mereka tersebar ke berbagai penjuru kota di Indonesia. Saat ini kami hanya membuka 1 kantor cabang di Jakarta. Selanjutnya mungkin saja dibuka di berbagai kota besar di Indonesia untuk memudahkan peliputan berita.

Struktur Organisasi

   

Tim Manajemen

Singgih Kristiyono ( Manajer produksi / Manajer IT )

Ricky Afiffudin B ( Manajer Keuangan )

Husen Syafiq ( Manajer Pemasaran )

Kesenjangan Tim Manajemen

Identifikasi jenis ketrampilan yang belum dimiliki tim dan jelaskan bagaimana perusahaan akan mengatasinya. Misalnya, siapa yang akan meneyediakan saran atau konsultasi hukum dan pajak.
Manajer SDM, Konsultan Hukum

Pertimbangan tim Manajemen Lainnya 

Jelaskan criteria lain yang mempengaruhi operasi bisnis kita. Misalnya, apakah manajemen atau pegawai memiliki persetujuan “tidak-bersaing” dengan pesaing? Juga, Identifikasi anggota dewan direksi (jika ada) dan jelaskan kontribusinya dalam menjalankan bisnis.

Analisis Keuangan

Jelaskan atribut keuangan utama perusahaan kita, misalnya proyeksi aliran kas, dan keuntungan bersih untuk tiga tahun kedepan; return on investment; atau internal rate of return. Jelaskan fluktuasi yang mungkin terjadi dari penjualan musiman.

Rencana Keuangan

Sepanjang proyeksi kinerja, kita perlu meringkas point-point  penting dari rencana atau strategi keuangan kita.  Rincilah bagaimana kita merencanakan keuangan kita.

Kapitalisasi dan biaya Start-Up

Bagian ini mencakup biaya start-up dan tabel kapitalisasi. Ringkaslah informasinya dalam tabel tersebut dalam paragraph awal Garis bawahi total biaya yang dibutuhkan untuk memulai bisnis kita, identifikasi asset utama perusahaan, dan/atau daftar pemilik dan investasi mereka.

Biaya Start-Up



Catatan:

Laporan Keuangan

**Bagan ini harus diisi untuk melengkapi rencana bisnis kita.




Estimasi Biaya

Catatan: Pengeluaran dapat dibuat daftar apakah tetap atau variable. Biaya tetap adalah biaya yang tidak berubah dari bulan ke bulan sesuai volume penjualan. Misalnya, sewa dan asuransi adalah biaya tetap.  Biaya variable adalah biaya  yang akan berubah sebagai akibat perubahan volume penjualan.

 



 Tambahan, BACA JUGA Network Management Basics

0 komentar:

Post a Comment