ME! Magz
Multimedia Experience
Creative Design
Business Plan
MeMagz, Jln Sarijadi,
Bandung
Telp & faks 022 -
66778899
DAFTAR ISI
Lynx magazine adalah sebuah majalah digital melalui
media internet. Laman Lynx magz berisikan artikel-artikel informasi aktual
mengenai kesehatan, lifestyle, dan seksologi. Lynx magz diperuntukkan bagi pria
dan wanita dewasa atau yang berusia 20 tahun ke atas.
Tujuan
- Memperoleh
laba semaksimal mungkin dengan seminimal mungkin biaya yang dikeluarkan
- Mempunyai
banyak pelanggan tetap yang loyal dan aktif berkomunikasi di forum yang kami
sediakan
- Meraih
pangsa pasar yang cukup dominan di Indonesia
- Go International, dengan
membuat majalah digital berbagai bahasa international, dan berbagai macam situs
website berbagai negara
Visi
& Misi
Masih rendahnya tingkat pengetahuan masyarakat
terhadap pentingnya kesehatan alasan kami membuat majalah digital ini. Misi
kami adalah menambah wawasan masyarakat Indonesia khususnya terhadap informasi
kesehatan, lifestyle, dan seks agar mereka dapat terus berkembang dan terus
mampu bersaing di zaman teknologi seperti sekarang ini. Kemudian kami juga
ingin mempunyai komunitas atau forum yang aktif dan loyal terhadap majalah
kami.
Perusahaan
Lynx magazine adalah sebuah majalah digital melalui
media internet. Laman Lynx berisikan artikel-artikel informasi aktual mengenai
kesehatan, lifestyle, dan seksologi. Selain berupa artikel gratis kami juga
menyediakan e-book untuk pembaca yang berlangganan. Isi dari e-book tentunya
lebih menarik, lebih lengkap dari artikel harian yang kami sediakan. Bagi
pembaca yang ingin berlangganan cukup mentransfer sejumlah uang setiap
bulannya. Kemudian pelanggan akan mendapatkan e-book gratis setiap minggunya. Untuk
saat ini kami hanya menyediakan laman berbahasa Indonesia karena diperuntukkan
untuk masyarakat Indonesia.
Kepemilikan
Perusahaan
Lynx magazine
didirikan, dan dikelola secara partnership,
yang terdiri dari 3 orang sebagai management
team. Adapun kepemilikan Lynx magz saat ini masih belum go public, permodalan masih dikelola
secara perseorangan.
Sejarah
Perusahaan
Multimedia Experience Creative Design didirikan
pada 17 Agustus 2011 oleh 3 orang sebagai partnership.
Tujuan awal kami mendirikan perusahaan ini adalah meningkatkan wawasan
masyarakat Indonesia khususnya terhadap kesehatan, gaya hidup, dan seks. Kami
menilai majalah digital yang memberikan informasi kesehatan, gaya hidup, dan
seks masih relatif kurang di Indonesia sehingga kami yakin akan mampu bersaing
dan berkembang di pasar ini.
Lokasi
dan Fasilitas Perusahaan
Lokasi kantor pusat ME! Magz ada di jalan Sarijadi, Bandung, Jawa Barat.
Di kantor pusat ini terdapat aktifitas seperti pengelolaan website, pengelolaan
arus transaksi keuangan, dsb. Kemudian terdapat kantor cabang di wilayah Bambu
apus, Jakarta Timur. Di kantor cabang ini terdapat aktifitas seperti pencarian
informasi dan pembuatan artikel dari berbagai sumber, kemudian pengeditan untuk
kemudian dikirim ke kantor pusat untuk diproses ke website.
Produk/Jasa
Paragraf ini merupakan ringkasan barang dan jasa yang
ditawarkan. Ringkasan kita harus point-point-nya saja. dan menjelaskan barang
dan jasa kita. Jelaskan bagaimana barang/jasa saling melengkapi satu sama lain
atau dijual bersamaan, jika ada.
Deskripsi
Barang dan Jasa
Buat
List barang dan jasa secara individual dan jelaskan bagaimana barang/jasa
tersebut bermanfaat untuk pelanggan.
Barang/Jasa
1
Barang/Jasa
2
Barang/Jasa
3
Karakteristik
dan Perbandingan Kompetitif Barang/Jasa
Jelaskan karakteristik bersaing utama dari barang/jasa
kita. Mengapa orang-orang membeli barang/jasa kita dibandingkan yang lain?
Apakah kita menawarkan yang lebih baik untuk karakteristik, harga,kualitas,
atau pelayanannya? Jelaskan sifat penjualan yang khas yang memberikan daya
saing.
Layanan
Konsumen/Tindak Lanjut Layanan
Jelaskan bagaimana kita menawarkan pelayanan terhadap
barang/jasa yang kita jual Jika perusahaan kita hanya menawarkan jasa, rubahlah
judul diatas dengan tindak lanjut layanannya dan jelaskan bagaimana kita
menyediakan dukungan terhadap pelanggan. Jga masukkan jam operasi atau
kebijakan garansi.
Analisis Pasar
Analisis
Industri
Informasi yang kita sediakan disini akan menentukan
bagian peramalan pasar nanti. Identifikasi dan jelaskan segmen pasar yang
mempengaruhi bisnis kita. Gunakan sumber informasi standar untuk membuat
evaluasi terhadap trend pasar saat ini yang mempengaruhi rencana pemasaran
kita.
Peramalan
Pasar/ Pasar Sasaran
Diskusikan posisi perusahaan kita dikaitkan dengan
perusahaan lain dalam relung pasar. Garis bawahi unsure kunci, termasuk ukuran
pasar dan proyeksi pertumbuhan pasar kita.
Kunci
untuk Sukses
Identifikasi keunikan atau nilai jual utama yang
dibutuhkan untuk sukses di pasar.. Faktor kunci tersebut, misalnya kualitas,
harga, atau seleksi akan menentukan kesuksesan bisnis kita. Isilah setiap kotak dibawah dengan satu
factor bersaing, dan jelaskan bagaimana nilai jual berkaitan dengan sasaran
pelanggan tertentu.
Kualitas
Bersaing 1
Kualitas
Bersaing 2
Kualitas
Bersaing 3
Strategi
Bisnis dan Implementasi
Sebutkan strategi umum perusahaan dan jelaskan
bagaimana kita akan mengimplementasikannya dalam program bisnis yang
efektif.Tentukan apakah strategi kita didasarkan teknologi baru, barang baru,
atau sifat produk baru; atau apakah kita memfokuskan pada pemasaran,
distribusi, dan pelayanan yang lebih baik. (Sajikan hanya satu strategi bisnis)
Periklanan
Jelaskan bagaimana kita merencanakan periklanan atau
memasarkan bisnis kita. Termasuk berbagai brosur, iklan cetak, iklan radio,
atau strategi lain yang direncanakan dilaksanakan.
Strategi
Pemasaran
Pada
saat menjelaskan strategi, lebih menekankan pada bagaimana membuata perusahaan
kita lebih spesial atau khas. Misalnya, strategi pemasaran kita akan
memfokuskan pada segmen pasar tertentu. Atau, mengkhusukan pada saluran khusus
dalam mendistibusikan produk,; pada produk baru yang merupakan solusi baru
dalam mengatasi masalah yang ada; atau pada cara baru dalam mempromosikan
barang/jasa. Apa yang akan perusahaan kerjakan supaya lebih baik dibandingkan
perusahaan lain? Bagaimana kita menggunakan periklanan untuk memasarkan produk
ke konsumen?
Rencana Penjualan
Jelaskan bagimana kita menjual produk kita. Sebagai contoh, apakah kita akan menjual secara eceran,
partai besar, melalui internet, pesanan melalui surat, atau telpon? Akankah kita
menggunakan tenaga penjualan? Bagaimana tenaga penjualan dilatih dan bagaimana
mereka diberi kompensasi?
Aliansi
Strategis
Jelaskan bagaimana perusahaan kita menangani pemasaran
bersama, pengembangan bersama, komisi, dan perjanjian kerjasama. Dapatkan kita
mengkaitkan promosi kita atau strategu distribusi dengan perusahaan lain yang akan meningkatkan
posisi perusahaan kita?
Organisasi
Sebagai pendiri perusahaan, kami juga bekerja sebagai tim manajemen. Kami
akan mempekerjakan sekitar 25 orang reporter yang bertugas meliput dan membuat
berita dan artikel. Mereka tersebar ke berbagai penjuru kota di Indonesia. Saat
ini kami hanya membuka 1 kantor cabang di Jakarta. Selanjutnya mungkin saja
dibuka di berbagai kota besar di Indonesia untuk memudahkan peliputan berita.
Struktur Organisasi
Tim
Manajemen
Singgih
Kristiyono ( Manajer produksi / Manajer IT )
Ricky Afiffudin B ( Manajer Keuangan )
Husen
Syafiq ( Manajer Pemasaran )
Kesenjangan Tim Manajemen
Identifikasi jenis ketrampilan yang belum dimiliki tim
dan jelaskan bagaimana perusahaan akan mengatasinya. Misalnya, siapa yang akan
meneyediakan saran atau konsultasi hukum dan pajak.
Manajer SDM, Konsultan Hukum
Pertimbangan tim Manajemen Lainnya
Jelaskan criteria lain yang mempengaruhi operasi
bisnis kita. Misalnya, apakah manajemen atau pegawai memiliki persetujuan
“tidak-bersaing” dengan pesaing? Juga, Identifikasi anggota dewan direksi (jika
ada) dan jelaskan kontribusinya dalam menjalankan bisnis.
Analisis Keuangan
Jelaskan atribut keuangan utama perusahaan kita,
misalnya proyeksi aliran kas, dan keuntungan bersih untuk tiga tahun kedepan;
return on investment; atau internal rate of return. Jelaskan fluktuasi yang
mungkin terjadi dari penjualan musiman.
Rencana Keuangan
Sepanjang proyeksi kinerja,
kita perlu meringkas point-point penting
dari rencana atau strategi keuangan kita.
Rincilah bagaimana kita merencanakan keuangan kita.
Kapitalisasi
dan biaya Start-Up
Bagian ini mencakup biaya start-up dan tabel
kapitalisasi. Ringkaslah informasinya dalam tabel tersebut dalam paragraph awal
Garis bawahi total biaya yang dibutuhkan untuk memulai bisnis kita,
identifikasi asset utama perusahaan, dan/atau daftar pemilik dan investasi
mereka.
Biaya
Start-Up
Catatan:
Laporan Keuangan
**Bagan
ini harus diisi untuk melengkapi rencana bisnis kita.
Estimasi Biaya
Catatan: Pengeluaran dapat dibuat daftar apakah tetap
atau variable. Biaya tetap adalah biaya yang tidak berubah dari bulan ke bulan
sesuai volume penjualan. Misalnya, sewa dan asuransi adalah biaya tetap. Biaya variable adalah biaya yang akan berubah sebagai akibat perubahan
volume penjualan.
0 komentar:
Post a Comment