Pembahasan
·
Model Perilaku Konsumen E-Commerce
·
Pelayanan Pelanggan
·
Iklan
1.
Model Perilaku Konsumen E-Commerce
a)
Karakteristik individu dari
konsumen
i)
Gender dan Umur
ii)
Status
Perkawinan
iii)
Tingkatan
Pendidikan
iv)
Etnicity
v)
Jabatan
vi)
Pendapatan Rumah
Tangga
vii)
Kepribadian
b)
Variabel
Lingkungan dalam Membeli
i)
Sosial
ii)
Komunitas
iii)
Variabel Lainnya
c)
Faktor Konsumen
dalam Membeli
i)
Pemrakarsa ( Initiator )
ii)
Pengaruh ( Influencer )
iii)
Kebutuhan
2.
Pelayanan Pelanggan
a)
Segmentasi Pasar
i)
Segmentasi Geografi ; merupakan
pembagian pasar menjadi unit geografis yang berbeda,
misalnya
wilayah, negara, negara bagian, propinsi, kota dan kepulauan. Contoh Coca-Cola
memasarkan produk minumannya dengan
merek tertentu hanya dijual di Jepang, yaitu Sokembicha, Lactia, Georgia dan Qoo
ii)
Iklan merupakan bagian dari strategi pemasaran iklan merupakan bagian dari strategi pemasaran secara keseluruhan. Perusahaan
harus secara aktif berpartisipasi dalam
semua jenis aktivitas internet seperti newsgroups, mailing list dan bulletin boards.
iii)
Iklan harus berhubungan dengan proses ordering ketika pelanggan tertarik
setelah melihat iklan tersebut, item yang diiklankan harus bisa langsung
dipesan dan dibayar.
iv)
Strategi Menarik Perhatian Pengunjung ke Suatu Situs Tidak hanya mengandalkan
situs web saja
v)
Dalam menarik pelanggan tidak hanya mengandalkan
vi)
E-Commerce saja, tetapi juga harus ditambah dengan
media tradisional.
vii)
Padukan nama perusahan dengan nama situs web dengan memadukan nama
perusahaan dengan situs web
akan
memudahkan pengunjung untuk mendatangi situs anda. Misalnya www.microsoft.com,
www.ge.com
viii)
Pastikan alamat situs web anda selalu muncul di lembar cetakan alamat Ecommerce anda harus
tercantum di kop surat,
amplop
brosur, kartu nama, papan nama,
stiker dan lainnya.
b) Pelayanan pengiriman untuk pelanggan pada
internet
Mengacu pada pembelian online di Amazon.com, dimensi
kualitas pelayanan dicontohkan sebagai berikut :
i)
Tangibles
Tampilannya rapi dan
tersusun baik, ada catalog, mudah
digunakan dan mudah dipahami.
ii)
Reliability
Produk dikirim tepat waktu dan sesuai dengan pesanan.
Produk dikirim tepat waktu dan sesuai dengan pesanan.
iii)
Responsiveness
Tersedia panduan yang membantu saat terjadi error dan memberitahukan pelanggan jika pengiriman produk berlangsung sukses atau ada masalah.
Tersedia panduan yang membantu saat terjadi error dan memberitahukan pelanggan jika pengiriman produk berlangsung sukses atau ada masalah.
iv)
Assurance
Adanya layanan untuk mendampingi pelanggan dalam memasuki suatu proses dan juga adanya layanan tambahan seperti rekomendasi dari vendor.
Adanya layanan untuk mendampingi pelanggan dalam memasuki suatu proses dan juga adanya layanan tambahan seperti rekomendasi dari vendor.
v)
Empathy
Adanya personalized service, seperti personalized content, sambutan secara personal, dan email pribadi.
Adanya personalized service, seperti personalized content, sambutan secara personal, dan email pribadi.
3.
Iklan
a)
Alasan beriklan di internet
i)
Iklan dapat diupdate setiap waktu dengan biaya
minimal, karena itu iklan-iklan di internet selalu bisa tampil baru.
ii)
Iklan dapat menjangkau pembeli potensial dalam jumlah yang sangat besar dalam hitungan
global.
iii)
Iklan pada ecommerce dapat secara efisien menggunakan konvergensi
teks,audio,grafik dan animasi.
iv)
Manfaat internet
sendiri sedang berkembang dengan
pesatnya
b)
Jenis-jenis media iklan di internet :
i)
Banner
Iklan banner merupakan jenis iklan yang paling lazim digunakan di internet.
Ada 2 jenis banner : Keyword banner dan Random Banner
(1)
Keyword banner muncul ketika dilakuakn query atas satu kata pembuka dari search
engine.
(2)
Random banner muncul secar acak
Keuntungan menggunakan banner ialah kemampuannya dalam
melakukan kustomisasi iklan ke audien yang menjadi sasarannya.
Ada sejumlah format yang berbeda dalam menempatkan iklan Banner di internet pada situs web pihak lain. Bentuk yang paling lazim ialah Banner
Swapping, Banner Exchange.
(3)
Banner Swapping
Dilakukan bila perusahaan A setuju untuk menampilkan sebuah banner
perusahaan B dengan imbalan perusahaan
juga
mau menampilkan iklan perusahaan A.
(4)
Banner Exchange (Tukar Banner)
Biasanya dilakukan dalam perdagangan yang dilakukan
oleh tiga partner
atau lebih
ii)
Iklan Skyscraper
Berbentuk seperti banner, jika banner memanjang secara horisontal, maka skyscraper
memanjang secara vertikal.
iii)
Interstitial
Merupakan iklan yang dinamis pada internet,
Interstitial berbentuk
bermacam-macam iklan animasi yang muncul dilayar ketika komputer men-download situs web. Tipe interstitial ini
meliputi pop up windows, splash
screen.
b)
Strategi Merancang Iklan berbasis Intenet :
i)
Menarik Secara Visual
Dalam Media masa, iklan mestinya berwarna-warni untuk menarik perhatian pembaca.
Dalam Internet prinsip ini
dapat
direalisasikan dengan mengadopsi isi web yang
bergerak
dan interaktif yang mampu membius perhatian
pengunjung
serta menarik kunjungan secara berulang-ulang. Contoh Iklan Ecommerce L’Oreal (www.loreal.com) yang mendapatkan dua penghargaan tahun 2002
ii)
Isi Situs Web Bermanfaat bagi konsumen
Isi situs mestinya memberikan informasi yang berharga, dengan menghindari file yang
tidak berguna, apalagi dalam
ukuran
besar, yang hanya memperlambat download.
Isi
situs harus disesuaikan dengan tujuan
pengiklanan yaitu memberikan
informasi suatu produk.
iii)
Menekankan merek dan Citra Perusahaan
Iklan beserta
produk dan layanannya mestinya menekankan bahwa ia berbeda dengan iklan milik para pesaing.
c)
Strategi Memilih Media Periklanan pada E-Commerce :
i)
Pengunjung, Jangkauan, Impresi dan Pengaruh
ii)
Pengunjung adalah perkiraan rata-rata jumlah individu berbeda yang telah
mengunjungi setiap isi website, kategori, saluran atau aplikasi setiap hari pada periode
tertentu.
iii)
Jangkauan adalah presentase individu yang diproyeksikan mengunjungi website, kategori, saluran tertentu dari
jumlah total individu yang diproyeksikan menggunakan media digital selama periode
tertentu.
iv)
Impresi adalah jumlah waktu yang digunakan untuk
melihat suatu iklan.
v)
Pengaruh merupakan nilai kualitas suatu iklan melalui
media tertentu.
vi)
Untuk memilih media digital, yang perlu dipertimbangkan adalah pengunjung jangkauan, impresi dan pengaruhnya.
vii)
Disamping itu harus dipertimbangkan pula biaya, keunggulan dan keandalannya. Selanjutnya pengiklan mencari media yang paling efektif-biaya
diantara berbagai media yang terpilih
dan
baru kemudian menentukan pilihan diantara yang ada.
Tambahan, BACA JUGA Lanjutan 3: E-Commerce dan Internet Ekonomi
0 komentar:
Post a Comment