Posted by Ricky Posted on Thursday, March 05, 2015 | No comments

Profil SINDO (Seputar Indonesia)

HARIAN SEPUTAR INDONESIA
“Sumber Referensi Terpercaya"
Sumber : id.wikipedia.org

Koran Seputar Indonesia terbit perdana, pada 30 Juni 2005. Dilahirkan oleh PT Media Nusantara Informasi (MNI), sub-sidiary dari PT. Media Nusantara Citra (MNC) yang menaungi RCTI, TPI, Global TV dan Trijaya Network. PT. MNC sudah sangat berpenga- laman dalam mengelola media serta terbilang mapan dan berpengaruh, baik di kalangan masyarakat maupun pengambil keputusan.

Sebagai surat kabar baru, Koran Seputar Indonesia ditujukan untuk memudahkan sekaligus memenuhi kebutuhan pembaca dalam satu keluarga. Pada saat sang Bapak memilih news, sang Ibu bisa leluasa membaca lifestyle, sedangkan si Anak bebas membaca sport. Atau sang Bapak bisa membawa news ke kantor dengan meninggalkan lifestyle untuk dibaca Ibu di rumah, sementara si Anak memasukkan sport ke
dalam tas untuk dibaca dalam perjalanan. Pendeknya, mereka bisa bertukar section tanpa harus mengganggu keasyikan masing-masing.

Koran Seputar Indonesia hadir setiap pagi dengan sajian berita-berita yang akurat, mendalam, penuh gaya dan warna. Koran Seputar Indonesia juga akan menyapa pembaca dengan sentuhan jurnalisme khas untuk selalu memberikan lebih dari sekadar berita. Apalagi ditunjang dengan kreatifitas visual yang progresif dan tidak konservatif, Koran Seputar Indonesia yakin akan menjadi media yang unik.

Sajian berita yang bersahabat, karena pemanfaatan bahasa dan image yang ramah (tidak berdarah-darah), aktual dan informatif, karena berita terkini disajikan dengan ringkas dan jelas dengan topik-topik yang hangat. Koran yang menghibur karena didukung oleh desain yang menarik dan tidak membuat kening berkerut. Mampu mengakomodasi Feature Lifestyle dan Infotainment sekuat berita. Sajian berita yang bersifat Non Partisan atau tidak memihak dan dapat dipercaya.

Koran yang bersifat Young and Friendly Newspaper, tercermin dari penggunaan bahasa yang renyah dan sarat dengan unsur partisipasi publik, dan mampu menyajikan gaya hidup yang meliputi in depth news, lifestyle, sport, dan entertainment. Terbit selama 7 hari selama 1 minggu, dengan format ukuran panjang 7 kolom dan tinggi 54 cm. Edisi Reguler terbit 44 halaman dengan 3 bagian/ section.
Target pembaca adalah masyarakat kelas menengah ke atas, pendidikan Sarjana, seg- mentasi usia 18 tahun ke atas. Dengan diferensiasi pembaca laki-laki sebanyak 52% dan pembaca wanita sebanyak 48%. Target distribusi Koran Seputar Indonesia adalah kota-kota besar di seluruh Indonesia dengan jumlah pembaca sebesar 1 juta orang.
Karakteristik pembaca memiliki kebiasaan membaca lebih dari satu surat kabar, karena tidak ingin tertinggal informasi penting dan informasi hiburan dalam waktu yang bersamaan. Termasuk kelompok masyarakat yang haus informasi dan inovatif sehingga mudah menerima hal baru.



Pemimpin Umum: Hary Tanoesoedibjo
Wakil Pemimpin Umum/Pemimpin Perusahaan: Syafril Nasution
Wakil Pemimpin Perusahaan:Henry Suparman, Priscilla Diana Airin
Pemimpin Redaksi /Penanggungjawab: Sururi Alfaruq
Wakil Pemimpin Redaksi: Nevy AN Hetharia, Pung Purwanto
Redaktur Pelaksana:
Djaka Susila, Titis Widyatmoko
Wakil Redaktur Pelaksana:
Alex Aji Saputra, Dwi  Sasongko, Masirom
Redaktur:
 Achmad Faisal Nasution, Abdul Hakim, Alviana
Harmayani Masrifah, Army Dian Kurniawan, Azhar Azis, Boy Iskandar, Danang
Arradian, Hatim Varabi, Mohammad Ridwan, Mohammad Faizal, Nurcholis,
Shalahuddin, Sujoni, Supriyadi, Syahrir Rasyid, Widaningsih, Wuri Hardiastuti, Yani
Adryansah, Zen Teguh Triwibowo
Asisten Redaktur: Abdul Haris, Abdul Rochim, Ahmad Baidowi, Agus Warsudi, Agung
Nugroho BS, Ainun Najib, Andri Dwi Ananto, Anton Chrisbiyanto, Chamad Hojin,
Donatus Nador, Edi Purwanto, Edi Yulianto, Estu Santoso, Fakhrur Haqiqi, Hanna
Farhana,Harley Ikhsan, Hatta Sujatmin, Helmi Firdaus, Hermanto, Hendri Irawan,
Ma’ruf, Maria Christina Malau, Muhammad Yamin, Muhibudin Kamali, M Iqbal, Nur
Iwan Tri Hendrawan, Paijo, Pangeran Ahmad Nurdin, Puguh Hariyanto, Rakhmat
Baihaqi, Rusman Hidayat Siregar, Sali Pawiatan, Sazili Mustofa, Slamet Parsono,
Sudarsono, Suriya Mohamad Said, Sunu Hastoro Fahrurozi, Suwarno, Thomas
Pulungan, Titi Sutinah Apridawaty, Vitrianda Hilba Siregar, Wasis Wibowo, Wahyu Sahala
Tua, Wahyono, Yanto Kusdiantono, Yan Muhardiansyah, Yogi Pasha
Reporter:
 Adam Prawira, Bernadette Lilia Nova, Denny Irawan, Fefy Dwi Haryanto,
Haryudi, Hendrati Hapsari, Helmi Syarif, Herita Endriana, Hermansah, Inda Susanti,
Inggrid Namirazswara, Isfari Hikmat, Islahuddin, Juni Triyanto, Kholil Rokhman,
Krisiandi Sacawisastra, M Purwadi, Maesaroh, Megiza, MN Latief, Muhammad Sahlan,
Neneng Zubaidah, Novia Sang Ayu Lesthia K, Nurul Huda, Pasti Liberti Mappapa, Radi
Saputro, Rahmat Sahid, Rarasati Syarief, Rendra Hanggara, Roni Paslah, Sri Noviarni,
Sugeng Wahyudi, Susi Susanti, Syarifudin, Sofian Dwi, Sucipto, Tedy Achmad, Teguh
Mahardika, Wahab Firmansyah, Wahyu Argianto
Manager Litbang: Wiendy Hapsari
Redaktur Bahasa: Jaelani Ali Muhammad
Koordinator Fotografer: Aziz Indra
Fotografer: Arie Yudhistira, Astra Bonardo, Eko Purwanto, Hasiholan Siahaan,
Ratman Suratman, Yulianto, Yudhistiro Pranoto
Manager Artistik: Wisnu Handoko
Direktur Sirkulasi & Distribusi: Sugeng H.Santoso
GM Sales: Lia Marliana, Kiki Subarkah
GM Marketing & Communications: Caecilia Hamzah
GM Sirkulasi & Distribusi: Donny Irawan
Rate iklan 2011 untuk edisi hari Sabtu-Kamis:
Display FC: Rp107.000/mmk, Display BW: Rp70.800/mmk, Display Spot Colour:
Rp82.400/mmk, Halaman 1: Rp176.900/mmk, Halaman 3: Rp112.500/mmk, Halaman 5:
Rp112.500/mmk, Halaman 7: Rp 110.200/mmk, Halaman Cover lifestyle, Sport,
Referensia, Ekonomi dan BIsnis: Rp127.300/mmk FC, Creative Ad/Island Ad:
Rp42.100/mmk FC, Center spread: Rp116.100/mmk FC, Laporan
Keuangan/Prospektus/Neraca FC: Rp43.000/mmk,
Bw: Rp39.700/mmk, Sosial/Duka Cita FC: Rp92.700/mmk; BW: Rp39.700,-.
Rate iklan 2011 untuk edisi hari Jumat:
Display FC: Rp 117.000/mmk, Display BW: Rp78.000/mmk, Display Spot Colour: Rp
91.000/mmk, Halaman 1: Rp195.000/mmk, Halaman 3: Rp124.000/mmk, Halaman 5:
Rp124.000/mmk, Halaman 7: Rp124.000/mmk, Halaman Cover lifestyle, Sport,
Referensia, Ekonomi dan Bisnis: Rp140.000/mmk FC, Creative Ad/Island Ad:
Rp42.100/mmk FC, Center spread: Rp128.000/mmk FC, Laporan
Keuangan/Prospektus/Neraca FC: Rp47.000/mmk, Bw: Rp44.000/mmk, Sosial/Duka
Cita FC: Rp 102.000/mmk; BW: Rp 44.000, Iklan Kolom BW: Rp46.500/mmk, Baris:
Rp51.500/mmk
Layanan Langganan: (021) 3911518, Fax : (021) 3929758
Iklan Display: (021) 3915634, Fax : (021) 3927721
Iklan Baris/Kolom, Divisi Sirkulasi dan Distribusi: MNC Tower Lt 9; Jl. Kebon Sirih
Raya No. 17-19
Jakarta Pusat. Telepon / Fax. (021) 391 4672,
Penerbit: PT Media Nusantara Informasi,
Percetakan: PT Media Nusantara Press
Bank: BCA Cabang Wahid Hasyim A/C 478-301152-5,
Anggota SPS Nomor 404/2005/11/2011, Terbit Tujuh Kali Seminggu.
Alamat :MNC Tower Lt. 22, Jalan Kebon Sirih Raya No. 17-19, Jakarta 10340.
Telepon(Hunting): (021) 3926955, Fax: (021) 392 9758,
Redaksi:(021) 392 6955, Fax: (021) 392 7721

Distribution
Banda Aceh, Medan, Batam, Pekanbaru, Padang, Pangkal Pinang, Jambi, Bengkulu, Jambi, Palembang, Jabodebek, Serang, Bandung, DI Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Pontianak, Palangkaraya, Balikpapan, Palu, Makassar, Kendari, Ambon

*Yg Hijau itu National Edition, Yg Cokelat itu Local Edition

TOP NATIONAL NEWSPAPERS
1.      Kompas
2.      Seputar Indonesia
3.      Koran Tempo
4.      Media Indonesia
5.      Republika
6.      Bisnis Indonesia
*Based on Nielsen Media Index


Proses Operasional ?
¢Surat Kabar
¢Adalah Lembaran-lembaran tercetak dan tidak terjilid, serta berukuran A0 dibagi dua, dengan jumlah kolom 9 sampai 8 kolom, dimassa sekarang jumlah kolomnya sekitar 7 sampai 8 kolom, terbit secara teratur yang isinya berkisar pada produk jurnalistik dan non jurnalistik, akan tetapi koran atau surat kabar isinya lebih dominan pada berita hard news.
¢
1.Mekanisme Produksi Media Cetak Dilihat Dari Waktu Terbitnya.
1.Contoh :  Prouksi surat kabar harian.
2.Mekanisme produksi surat kabar Harian, dimulai dari :
3.Rapat Redaksi / Rapat Perencanaan (Pukul 08.00-09.00 WIB)
4.Pembuatan Surat Penugasan (Pukul 09.00-10.00 WIB)
5.Pemberian tugas Reporter (Pukul 10.00 WIB)
6.Peliputan Reporter (Pukul 10.00-17.00 WIB)
7.Pembuatan Naskah (Pukul 18.00-20.00 WIB)
8.Proses seleksi dan Editing  (Pukul 20.00-21.00 WIB)
9.Proses Pembuatan Dummy  (Pukul 21.00-22.00 WIB)
10.Proses Cetak  (Pukul 22.00-24.00 WIB)

11.Rapat Evaluasi  (Pukul 24.00 WIB)

Kelebihan dan kekurangan ? Cara mengatasi ?

¢  Kelebihan dari bisnis informasi media cetak ini antara lain:
  1. Repeatable, dapat di baca berkali-kali dengan menyimpannya atau menglipingnya
  2. Analisa yang di informasikan lebih tajam, dapat membuat orang benar-benar mengerti isi berita dengan analisa yang lebih mendalam dan dapat membuat orang berfikir lebih spesifik tentang isi tulisan.
  3. Harganya dapat dijangkau oleh semua kalangan.
  4. Mudah dibawa kemana-mana.
¢  Kekurangan yang dimiliki oleh bisnis tersebut:
  1. Lambat dalam Update berita, dari segi waktu media cetak adalah yang terlambat karena media cetak tidak dapat menyebarkan langsung berita yang terjadi kepada masyarakat dan harus menunggu turun cetak (diterbitkan). Media cetak sering kali hanya memuat berita yang telah disebarluaskan oleh media lainnya.
  2. Tidak adanya audio, media cetak hanya berupa tulisan yang tentu saja tidak dapat didengar.
  3. Visual yang terbatas, media cetak hanya dapat memberikan visual berupa gambar yang mewakili keseluruhan isi berita, tidak berupa Video.
  4. Produksi, biaya produksi yang cukup mahal karena media cetak harus mencetak dan mengirimkannya sebelum dapat dinikmati masyarakat.
  5. Waktu yang dibutuhkan untuk mendistribusikan media cetak cenderung lebih lama.
  6. Untuk mengatasi kekurangan yang dimiliki bisnis informasi konvensional seperti media cetak SINDO adalah dengan mengembangkan bisnisnya ke arah era digital. Karena semua jenis bisnis informasi tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.
  7. Kita tidak dapat mengatasi teknologi yang semakin pesat perkembangannya. Oleh karena nya SINDO harus bisa memanfaatkan dan menjadikannya sebagai peluang untuk memajukan bisnisnya.

Tambahan, BACA JUGA Implikasi Bisnis dari Manajemen Jaringan pada Industri Kecil dan Menengah



0 komentar:

Post a Comment