Pengertian
Blue Ocean Strategy
Menurut W. Chan Kim dan Renee Mauborgnee dalam bukunya
yang berjudul “Blue Ocean Strategy”
(2005:7) :
Blue Ocean Strategy merupakan terobosan yang baru dalam dunia Marketing
Internasional. Dengan inovasi tersebut, secara langsung tercipta ruang pasar
yang tak tertandingi dan menjadikan kompetisi tak relevan. Tanpa kompetitor
sehingga memunculkan suatu pangsa pasar baru.
Blue Ocean Strategy sendiri terdiri atas enam prinsip dasar yaitu
rekonstruksi batasan-batasan pasar, fokus pada gambar besar, menjangkau lebih
jauh dari demand yang ada, menerapkan urutan langkah strategis secara tepat,
mengatasi rintangan
organisasional, dan membangun eksekusi menjadi strategi. Masing-masing prinsip diuraikan lebih dalam dengan contoh-contoh riil yang memudahkan pembaca mencerna dan memahami prinsip tersebut. Misalnya dalam hal rekonstruksi batasan pasar, dicontohkan perusahaan NetJets yang menawarkan kepemilikan bersama pesawat jet, sehingga perusahaan-perusahaan bisa mengurangi biaya kepemilikan dan pemeliharaan pesawat jet sendiri tetapi di sisi lain tetap dapat mengambil keuntungan memiliki dan menggunakan pesawat jet bagi eksekutifnya untuk berbisnis.
organisasional, dan membangun eksekusi menjadi strategi. Masing-masing prinsip diuraikan lebih dalam dengan contoh-contoh riil yang memudahkan pembaca mencerna dan memahami prinsip tersebut. Misalnya dalam hal rekonstruksi batasan pasar, dicontohkan perusahaan NetJets yang menawarkan kepemilikan bersama pesawat jet, sehingga perusahaan-perusahaan bisa mengurangi biaya kepemilikan dan pemeliharaan pesawat jet sendiri tetapi di sisi lain tetap dapat mengambil keuntungan memiliki dan menggunakan pesawat jet bagi eksekutifnya untuk berbisnis.
Menurut Kim
dan Mauborgne (2005:99), terdapat Sembilan poin kunci dari Blue Ocean Strategy, antara lain :
1.
Blue Ocean Strategy merupakan hasil studi satu dekade yang cukup lama
dari 150 strategi yang sudah dijalankan oleh lebih dari 30 industri selama 100
tahun (1880-2000).
2. Blue Ocean Strategy merupakan usaha untuk menciptakan diferensiasi dan harga rendah secara bersamaan.
2. Blue Ocean Strategy merupakan usaha untuk menciptakan diferensiasi dan harga rendah secara bersamaan.
3.
Tujuan
Blue Ocean Strategy adalah tidak
untuk bergabung dalam persaingan pada industri yang sudah ada, melainkan
menciptakan ruang pasar baru atau menciptakan samudera biru, dan membuat
persaingan menjadi tidak relevan lagi.
4.
Blue Ocean Strategy menawarkan satu set metodologi dan alat-alat untuk
menciptakan ruang pasar baru.
5.
Blue Ocean Strategy menawarkan Metodologi dan proses yang sistematis dan
dapat diperbarui, dalam menciptakan suatu inovasi dari perusahaan yang sudah
ada maupun perusahaan baru.
6.
Kerangka
kerja dan alat yang digunakan pada Blue
Ocean Strategy antara lain adalah: kerangka kerja enam langkah, kerangka kerja
empat langkah, skema hapuskan-kurangi-tingkatan-ciptakan, kanvas strategi, kurva nilai, peta pioneer-migrator-settler (PMS), tiga tingkatan non-konsumen, enam
tahapan siklus pengalaman pembeli dan indeks ide blue ocean.
7.
Kerangka
kerja dan alat-alat tersebut di desain
secara visual tidak hanya untuk menciptakan rumusan kebijaksanaan perusahaan yang efektif, tetapi
juga untuk mengeksekusi dengan efektif melalui komunikasi yang mudah.
8.
Blue Ocean Strategy melingkupi merumuskan strategi dan mengeksekusi
strategi.
9.
Terdapat
3 konsep kunci dalam membangun Blue Ocean
Strategy, yaitu: nilai inovasi, penerapan kepemimpinan tipping point, dan proses yang adil.
Dari
beberapa poin diatas. Menurut Kim dan Mauborgne (2005) dalam webnya (www.blueoceanstrategy.com) blue ocean
strategy merupakan usaha untuk menciptakan diferensiasi dan harga rendah
secara bersamaan. Intinya blue ocean
strategy dimulai dari menciptakan suatu diferensiasi produk dengan
menggabungkan cost-leadership sehingga
menciptakan suatu inovasi baru.
Jadi, indikator yang menyatakan keberhasilan blue ocean strategy adalah
1.
diferensiasi
produk
Menurut
Kotler (2002:20) definisi pembedaan atau diferensiasi adalah tindakan untuk
menetapkan sekumpulan perbedaan-perbedaan yang berarti untuk membedakan
penawaran perusahaan dari pesaingnya.
Jadi
diferensiasi atau keunikan adalah suatu strategi bersaing dimana suatu
perusahaan berhasil/sukses dengan mengembangkan dan memelihara keunikan nilai
untuk produk yang disediakan perusahaan
2.
cost-leadership
cost-leadership adalah suatau strategi brsaing dimana perusahaan
berhasil dalam memproduksi barang atau jasa pada biaya yang paling rendah di
dalam industrinya.
Dengan
biaya yang sangat murah maka perusahaan dapat menetapkan harga jual yang
rendah, sehingga dalam persaingan akan dapat memenangkan secara
berkesinambungan.
Hubungan antara blue
ocean strategy dan tingkat penjualan
Blue
ocean strategy seringkali
disandingkan dengan tingkat penjualan suatu perusahaan. Apabila suatu
perusahaan dapat menciptakan ruang pasar yang baru dan produknya dapat diterima
oleh konsumen, maka hal ini dapat meningkatkan tingkat penjualan produknya.
Seperti contoh kasus Yamaha Mio. Dahulu orang – orang
sudah terbiasa menggunakan motor konvensional, sampai ketika Yamaha
mengelurakan produk barunya yaitu motor matic mio, selain harganya yang relatif murah dari kebanyakan motor konvensional
lainnya, Yamaha Mio juga menawarkan inovasi baru yaitu berupa motor matic yang mudah digunakan dan cocok
untuk kalangan wanita. Sehingga wanita menjadi lebih mudah untuk menggunakan
sepeda motor. Dengan menggabungkan inovasi dan cost leadership, akhirnya Yamaha Mio berhasil menaikan tingkat
produksi motornya.
Dengan demikian penjualan akan mengalami peningkatan
apabila digabungkan dengan blue ocean
strategy.
Tambahan, BACA JUGA Metode Penelitian mencakup rangkuman metode penelitian tugas akhir/skripsi.
Tambahan, BACA JUGA Metode Penelitian mencakup rangkuman metode penelitian tugas akhir/skripsi.
0 komentar:
Post a Comment