image source: actuaries.digital
IT PROJECT MANAGEMENT PLAN
< ORGANIZATION NAME >
< PROJECT NAME >
Document Revision #:
Date of Issue:
Project Manager:
Approval Signatures
Approved by: Business Project Leader
|
Approved by: IM/IT Project Leader
|
|
Prepared by: Business Project Manager
|
Prepared by: IM/IT Project Manager
|
|
Reviewed by: Quality Assurance Manager
|
||
Contents
Document Change Control
Pada bagian ini dijelaskan setiap
revisi yang dilakukan terhadap dokumen ini.
Revision Number
|
Date of Issue
|
Author(s)
|
Brief Description of Change
|
1.
Project
Overview
Pada bagian ini dijelaskan tentang proyek yang
dikerjakan (software apa yang dibuat), business owner (yang meminta dan
mendanai proyek), dan latar belakang kebutuhan proyek.
1.1
Purpose, Scope, and Objectives
·
Jelaskan tujuan dan cakupan (scope) proyek
·
Jelaskan sasaran proyek dan rangkuman deliverables
yang diminta untuk memenuhi sasaran tersebut
·
Jelaskan pertimbangan cakupan atau sasaran yang
tidak termasuk di dalam proyek atau deliverables.
·
Jelaskan kebutuhan bisnis/user dan kebutuhan sistem
yang harus dipenuhi dalam proyek (user requirement & system requirement)
1.2
Assumptions, Constraints and Risks
·
Jelaskan asumsi-asumsi yang digunakan dalam proyek
·
Jelaskan batasan dan risiko-risiko proyek, seperti
jadwal, anggaran, sumber daya, kualitas,
software yang akan digunakan ulang, teknologi yang digunakan, dsb.
1.3
Project Deliverables
Sebutkan project deliverables, tanggal penyerahan, jumlah yang diminta, dan
bagaimana cara penyerahan
1.4
Schedule and Budget Summary
Sebutkan ringkasan jadwal proyek (kapan proyek mulai dan berakhir) dan
anggaran proyek (jumlah dana yang dialokasikan) untuk setiap aktivitas utama
dalam work breakdown structure.
1.5
Definitions and Acronyms
Jelaskan definisi istilah dan
singkatan yang digunakan di dalam dokumen ini.
2.
Project
Organization
2.1
External Interfaces
Jelaskan dan gambarkan entitas eksternal (diluar tim proyek) yang berkaitan
dengan pelaksanaan proyek, seperti unit/organisasi pemilik sistem (customer),
organisasi subkontrak (jika ada), dan entitas lain yang berinteraksi dengan
proyek. Gunakan diagram/struktur organisasi untuk menggambarkan hubungan antara
tim proyek dengan entitas-entitas tersebut.
2.2
Internal Structure
Gambarkan struktur organisasi tim proyek yang bertanggungjawab untuk
keseluruhan proses.
2.3
Roles and Responsibilities
Jelaskan peran dan tanggung jawab masing-masing posisi di dalam struktur
organisasi proyek serta pembagian sumber daya (anggota tim) untuk peran-peran
tersebut.
3.
Managerial
Process Plans
Bagian ini menjelaskan tentang project start-up,
aktivitas di dalam proyek, project tracking, dan penutupan proyek (project close-out).
3.1
Start‑up Plan
3.1.1
Estimates
Menjelaskan estimasi biaya, jadwal dan kebutuhan sumber daya untuk
melasanakan proyek beserta metode, tools dan teknik yang digunakan untuk
melakukan estimasi tersebut.
3.1.2
Staffing
Menjelaskan jumlah staf dan skill yang
dibutuhkan per posisi/roles.
3.1.3
Resource Acquisition
Menjelaskan rencana proses pengadaan sumber daya
dan aset yang dibutuhkan untuk melaksanakan proyek, meliputi peralatan, hardware,
software, training, fasilitas dan layanan administratif.
3.2
Work Plan
3.2.1
Work Breakdown Structure
·
Buatlah Gantt Charts (dengan MS Project) untuk
menggambarkan Work Breakdown Structure (WBS) untuk
menspesifikan berbagai aktivitas kerja di dalam proyek dan menggambarkan
hubungan antar aktivitas tersebut.
·
Jelaskan hal-hal berikut untuk masing-masing2
aktivitas kerja: Sumber daya yang dibutuhkan, Perkiraan durasi waktu, Produk
atau deliverables dari aktivitas, dan Predesor (prasyarat) setiap aktivitas
3.2.2
Schedule Allocation
·
Gambarkan Network Diagram /PERT Chart dari
penjadwalan yang ditentukan di Gantt Chart (menggunakan MS Project).
·
Identifikasi Critical Path dari jadwal yang sudah
ditentukan, tentukan milestone untuk menilai kualitas dari work products dan
status pencapaian proyek.
3.2.3
Resource Allocation
Untuk masing-masing aktivitas kerja, tentukan: jumlah personil, hardware,
software tools, fasilitas testing dan simulasi, dan dukungan administrasi.
3.2.4
Budget Allocation
Untuk setiap aktivitas kerja di dalam WBS, lakukan estimasi biaya yang
meliputi biaya untuk: perjalanan, rapat, hardware, software tools, fasilitas
simulasi dan pengujian, dan dukungan adminstrasi.
3.3
Project Closeout Plan
Identifikasi rencana untuk memastikan proyek diakhiri dengan benar, meliputi:
proses penyimpanan materi proyek, rencana persiapan laporan akhir yang berisi
lessons learned dan analisis pencapaian sasaran proyek.
4.
Technical Process Plans
4.1
Process Model
Jelaskan model proses perangkat lunak yang digunakan di dalam proyek,
alasan pemilihannya, hubungan antar aktivitas proyek, aliran informasi dan work
products antar aktivitas.
4.2
Methods, Tools, and Techniques
Jelaskan bahasa pemrograman, tools dan teknik yang digunakan untuk menganalisis,
desain, uji coba, mendokumentasikan, modifikasi dan memelihara project
deliverable.
4.3
Infrastructure
Jelaskan
rencana pembangunan dan pengelolaan lingkungan pengembangan (hardware,
software, operating system, dan jaringan) dan fasilitas yang dibutuhkan untuk
menjalankan proyek.
4.4
Product Acceptance
Jelaskan kriteria penerimaan deliverables oleh customer; proses, metode dan
tool yang dibutuhkan untuk penerimaan deliverable, misalnya testing, demo,
analisis, dan inspeksi.
Tambahan, BACA JUGA Lanjutan: Part 4 - Capital Asset Pricing Model
0 komentar:
Post a Comment