Posted by Ricky Posted on Monday, April 06, 2015 | No comments

IT PROJECT MANAGEMENT PLAN



 image source: actuaries.digital



IT PROJECT MANAGEMENT PLAN
< ORGANIZATION NAME >
< PROJECT NAME >
Document Revision #:
Date of Issue:
Project Manager:

Approval Signatures




Approved by:                     Business Project Leader

Approved by:                         IM/IT Project Leader









Prepared by:                   Business Project Manager

Prepared by:                        IM/IT Project Manager











Reviewed by:               Quality Assurance Manager







Document Change Control

Pada bagian ini dijelaskan setiap revisi yang dilakukan terhadap dokumen ini.

Revision Number
Date of Issue
Author(s)
Brief Description of Change






1.     Project Overview

Pada bagian ini dijelaskan tentang proyek yang dikerjakan (software apa yang dibuat), business owner (yang meminta dan mendanai proyek), dan latar belakang kebutuhan proyek.

1.1   Purpose, Scope, and Objectives

·           Jelaskan tujuan dan cakupan (scope) proyek
·           Jelaskan sasaran proyek dan rangkuman deliverables yang diminta untuk memenuhi sasaran tersebut
·           Jelaskan pertimbangan cakupan atau sasaran yang tidak termasuk di dalam proyek atau deliverables.
·           Jelaskan kebutuhan bisnis/user dan kebutuhan sistem yang harus dipenuhi dalam proyek (user requirement & system requirement)



1.2   Assumptions, Constraints and Risks

·         Jelaskan asumsi-asumsi yang digunakan dalam proyek
·         Jelaskan batasan dan risiko-risiko proyek, seperti  jadwal, anggaran, sumber daya, kualitas, software yang akan digunakan ulang, teknologi yang digunakan, dsb.


1.3   Project Deliverables

Sebutkan project deliverables, tanggal penyerahan, jumlah yang diminta, dan bagaimana cara penyerahan


1.4   Schedule and Budget Summary

Sebutkan ringkasan jadwal proyek (kapan proyek mulai dan berakhir) dan anggaran proyek (jumlah dana yang dialokasikan) untuk setiap aktivitas utama dalam work breakdown structure.


1.5   Definitions and Acronyms

Jelaskan definisi istilah dan singkatan yang digunakan di dalam dokumen ini.


2.     Project Organization

2.1   External Interfaces

Jelaskan dan gambarkan entitas eksternal (diluar tim proyek) yang berkaitan dengan pelaksanaan proyek, seperti unit/organisasi pemilik sistem (customer), organisasi subkontrak (jika ada), dan entitas lain yang berinteraksi dengan proyek. Gunakan diagram/struktur organisasi untuk menggambarkan hubungan antara tim proyek dengan entitas-entitas tersebut.


2.2   Internal Structure

Gambarkan struktur organisasi tim proyek yang bertanggungjawab untuk keseluruhan proses.


2.3   Roles and Responsibilities

Jelaskan peran dan tanggung jawab masing-masing posisi di dalam struktur organisasi proyek serta pembagian sumber daya (anggota tim) untuk peran-peran tersebut.


3.     Managerial Process Plans

Bagian ini menjelaskan tentang project start-up, aktivitas di dalam proyek, project tracking, dan penutupan proyek (project  close-out).

3.1   Start‑up Plan

3.1.1        Estimates

Menjelaskan estimasi biaya, jadwal dan kebutuhan sumber daya untuk melasanakan proyek beserta metode, tools dan teknik yang digunakan untuk melakukan estimasi tersebut.



3.1.2        Staffing

Menjelaskan jumlah staf dan skill yang dibutuhkan per posisi/roles.


3.1.3        Resource Acquisition

Menjelaskan rencana proses pengadaan sumber daya dan aset yang dibutuhkan untuk melaksanakan proyek, meliputi peralatan, hardware, software, training, fasilitas dan layanan administratif.



3.2   Work Plan

3.2.1        Work Breakdown Structure

·           Buatlah Gantt Charts (dengan MS Project) untuk menggambarkan Work Breakdown Structure (WBS) untuk menspesifikan berbagai aktivitas kerja di dalam proyek dan menggambarkan hubungan antar aktivitas tersebut.
·           Jelaskan hal-hal berikut untuk masing-masing2 aktivitas kerja: Sumber daya yang dibutuhkan, Perkiraan durasi waktu, Produk atau deliverables dari aktivitas, dan Predesor (prasyarat) setiap aktivitas

3.2.2        Schedule Allocation

·           Gambarkan Network Diagram /PERT Chart dari penjadwalan yang ditentukan di Gantt Chart (menggunakan MS Project).
·           Identifikasi Critical Path dari jadwal yang sudah ditentukan, tentukan milestone untuk menilai kualitas dari work products dan status pencapaian proyek.


3.2.3        Resource Allocation

Untuk masing-masing aktivitas kerja, tentukan: jumlah personil, hardware, software tools, fasilitas testing dan simulasi, dan dukungan administrasi.


3.2.4        Budget Allocation

Untuk setiap aktivitas kerja di dalam WBS, lakukan estimasi biaya yang meliputi biaya untuk: perjalanan, rapat, hardware, software tools, fasilitas simulasi dan pengujian, dan dukungan adminstrasi.


3.3   Project Closeout Plan

Identifikasi rencana untuk memastikan proyek diakhiri dengan benar, meliputi: proses penyimpanan materi proyek, rencana persiapan laporan akhir yang berisi lessons learned dan analisis pencapaian sasaran proyek.

4.     Technical Process Plans

4.1   Process Model

Jelaskan model proses perangkat lunak yang digunakan di dalam proyek, alasan pemilihannya, hubungan antar aktivitas proyek, aliran informasi dan work products antar aktivitas. 


4.2   Methods, Tools, and Techniques

Jelaskan bahasa pemrograman, tools dan teknik yang digunakan untuk menganalisis, desain, uji coba, mendokumentasikan, modifikasi dan memelihara project deliverable.


4.3   Infrastructure

Jelaskan rencana pembangunan dan pengelolaan lingkungan pengembangan (hardware, software, operating system, dan jaringan) dan fasilitas yang dibutuhkan untuk menjalankan proyek.


4.4   Product Acceptance

Jelaskan kriteria penerimaan deliverables oleh customer; proses, metode dan tool yang dibutuhkan untuk penerimaan deliverable, misalnya testing, demo, analisis, dan inspeksi.



0 komentar:

Post a Comment