Posted by Ricky Posted on Saturday, February 28, 2015 | No comments

Blue Ocean Strategy

Pengertian Blue Ocean Strategy
Menurut W. Chan Kim dan Renee Mauborgnee dalam bukunya yang berjudul “Blue Ocean Strategy” (2005:7) :
Blue Ocean Strategy merupakan terobosan yang baru dalam dunia Marketing Internasional. Dengan inovasi tersebut, secara langsung tercipta ruang pasar yang tak tertandingi dan menjadikan kompetisi tak relevan. Tanpa kompetitor sehingga memunculkan suatu pangsa pasar baru.
Blue Ocean Strategy sendiri terdiri atas enam prinsip dasar yaitu rekonstruksi batasan-batasan pasar, fokus pada gambar besar, menjangkau lebih jauh dari demand yang ada, menerapkan urutan langkah strategis secara tepat, mengatasi rintangan
organisasional, dan  membangun eksekusi menjadi strategi. Masing-masing prinsip diuraikan lebih dalam dengan contoh-contoh riil yang memudahkan pembaca mencerna dan memahami prinsip tersebut. Misalnya dalam  hal rekonstruksi batasan pasar, dicontohkan perusahaan NetJets yang menawarkan kepemilikan bersama pesawat jet, sehingga perusahaan-perusahaan bisa mengurangi biaya kepemilikan dan pemeliharaan pesawat jet sendiri tetapi di sisi lain tetap dapat mengambil keuntungan memiliki dan menggunakan pesawat jet bagi eksekutifnya untuk berbisnis.
Menurut Kim dan Mauborgne (2005:99), terdapat Sembilan poin kunci dari Blue Ocean Strategy, antara lain :
1.      Blue Ocean Strategy merupakan hasil studi satu dekade yang cukup lama dari 150 strategi yang sudah dijalankan oleh lebih dari 30 industri selama 100 tahun (1880-2000).
2.      Blue Ocean Strategy merupakan usaha untuk menciptakan diferensiasi dan harga rendah secara bersamaan.
3.      Tujuan Blue Ocean Strategy adalah tidak untuk bergabung dalam persaingan pada industri yang sudah ada, melainkan menciptakan ruang pasar baru atau menciptakan samudera biru, dan membuat persaingan menjadi tidak relevan lagi.
4.      Blue Ocean Strategy menawarkan satu set metodologi dan alat-alat untuk menciptakan ruang pasar baru.
5.      Blue Ocean Strategy menawarkan Metodologi dan proses yang sistematis dan dapat diperbarui, dalam menciptakan suatu inovasi dari perusahaan yang sudah ada maupun perusahaan baru.
6.      Kerangka kerja dan alat yang digunakan pada Blue Ocean Strategy  antara lain adalah:  kerangka kerja enam langkah, kerangka kerja empat langkah, skema hapuskan-kurangi-tingkatan-ciptakan,  kanvas strategi,  kurva nilai, peta pioneer-migrator-settler (PMS), tiga tingkatan non-konsumen, enam tahapan siklus pengalaman pembeli dan indeks ide blue ocean.
7.      Kerangka kerja dan alat-alat  tersebut di desain secara visual tidak hanya untuk menciptakan rumusan  kebijaksanaan perusahaan yang efektif, tetapi juga untuk mengeksekusi dengan efektif melalui komunikasi yang mudah.
8.      Blue Ocean Strategy melingkupi merumuskan strategi dan mengeksekusi strategi.
9.      Terdapat 3 konsep kunci dalam membangun Blue Ocean Strategy, yaitu: nilai inovasi, penerapan kepemimpinan tipping point, dan proses yang adil.
Dari beberapa poin diatas. Menurut Kim dan Mauborgne (2005) dalam webnya (www.blueoceanstrategy.com) blue ocean strategy merupakan usaha untuk menciptakan diferensiasi dan harga rendah secara bersamaan. Intinya blue ocean strategy dimulai dari menciptakan suatu diferensiasi produk dengan menggabungkan cost-leadership sehingga menciptakan suatu inovasi baru.
Jadi, indikator yang menyatakan keberhasilan blue ocean strategy adalah
1.      diferensiasi produk
Menurut Kotler (2002:20) definisi pembedaan atau diferensiasi adalah tindakan untuk menetapkan sekumpulan perbedaan-perbedaan yang berarti untuk membedakan penawaran perusahaan dari pesaingnya.
Jadi diferensiasi atau keunikan adalah suatu strategi bersaing dimana suatu perusahaan berhasil/sukses dengan mengembangkan dan memelihara keunikan nilai untuk produk yang disediakan perusahaan
2.      cost-leadership
cost-leadership adalah suatau strategi brsaing dimana perusahaan berhasil dalam memproduksi barang atau jasa pada biaya yang paling rendah di dalam industrinya.
Dengan biaya yang sangat murah maka perusahaan dapat menetapkan harga jual yang rendah, sehingga dalam persaingan akan dapat memenangkan secara berkesinambungan.

Hubungan antara blue ocean strategy dan tingkat penjualan
Blue ocean strategy seringkali disandingkan dengan tingkat penjualan suatu perusahaan. Apabila suatu perusahaan dapat menciptakan ruang pasar yang baru dan produknya dapat diterima oleh konsumen, maka hal ini dapat meningkatkan tingkat penjualan produknya.
Seperti contoh kasus Yamaha Mio. Dahulu orang – orang sudah terbiasa menggunakan motor konvensional, sampai ketika Yamaha mengelurakan produk barunya yaitu  motor matic mio, selain harganya yang relatif  murah dari kebanyakan motor konvensional lainnya, Yamaha Mio juga menawarkan inovasi baru yaitu berupa motor matic yang mudah digunakan dan cocok untuk kalangan wanita. Sehingga wanita menjadi lebih mudah untuk menggunakan sepeda motor. Dengan menggabungkan inovasi dan cost leadership, akhirnya Yamaha Mio berhasil menaikan tingkat produksi motornya.

Dengan demikian penjualan akan mengalami peningkatan apabila digabungkan dengan blue ocean strategy.


Tambahan, BACA JUGA Metode Penelitian  mencakup rangkuman metode penelitian tugas akhir/skripsi.
Categories: ,

0 komentar:

Post a Comment